Sabtu, 26 Januari 2013

MATERI ILMU HUKUM


 MATERI ILMU HUKUM
Oleh: IZRA JINGA SAEANI, SH

Bicara tentang hukum, sering dipertanyakan, istilah atau penamaan mana yang tepat, Ilmu Hukum, atau Teori Hukum? Di Negara Anglo Saxon, dikenal istilah Jurisprudence yang bearti Ilmu Hukum. Namun disamping itu juga dikenal Legal Theory yang tentu saja diIndonesiakan menjadi Teori Hukum. Apakah keduanya dua hal yang sama ataukah dua hal yang berbeda?


Kalau kita melihat materi dari buku-buku yang berjudul Jurisprudence dengan materi buku-buku yang berjudul Legal Theory, tampak kesamaan di antara keduanya. Keduanya antara lain membahas tentang Esensi dan Cakupan Ilmu Hukum yaitu Pokok Bahasan Ilmu Hukum; Pendefinisian Ilmu Hukum. Cakupan Ilmu Hukum. Kosa-kata Ilmu Hukum, Literatur Ilmu Hukum, Nilai Studi Ilmu Hukum, Klasifikasi Pemikiran Ilmu Hukum, Aliran-aliran Ilmu Hukum, sub-divisi Filsafat Hukum, Ilmu Hukum Umum dan Ilmu Hukum Khusus, Beberapa Aspek Hukum seperti: Definisi Hukum. Hukum sebagai aturan tingkah laku (a rule of law), Klasifikasi Hukum, Kebutuhan terhadap hukum, Hukum dan Kemerdekaan. Masyarakat tanpa hukum, Hukum sebagai aturan dan “reglementation”, Hukum dan Keadilan. Hukum dan Moralitas, Hukum sebagai alat politik, Hukum sebagai simbol, Hukum sebagai integrator, Fungsi dan Tujuan Hukum, Beberapa Problem Ilmu Hukum mencakupi, Konsep Hak dan Kewajiban, Konsep Badan Hukum, Konsep Kebiasaan, Preseden dan Ratio Recidendi, Problem Interpretasi Perundang-undangan, dan Kodifikasi Hukum.



Olehnya itu, penulis sependapat dengan Prof. Dr. Achmad Ali, S.H., M.H, bahwa istilah Ilmu Hukum dan Teori Hukum adalah dua hal yang identik. Bagi kita di Indonesia, istilah Ilmu Hukum (dalam bentuk mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum atau PIH) digunakan untuk study Strata-1, sedang istilah Teori Hukum digunakan untuk Strata-2.

Materi Ilmu Hukum dan Teori Hukum juga hamper identik dengan materi Filsafat Hukum, khususnya pembahasan tentang berbagai aliran pemikiran dalam Ilmu Hukum.



Pustaka:


Ali Achamd. 2002. Menguak Tabir Hukum (Suatu Kajian Filosofis dan Sosiologis). Toko Gunung Agung, Jakarta.